Saya memang masih awam dalam dunia bahasa pemoragaman, yang saya geluti juga terfokus pada bahasa pemograman untuk mobile app. Setelah beberapa tahun fokus pada android app yang native dengan bahasa pemograman java. Maka saya putuskan untuk lebih lanjut ke mobile secara keseluruhan, dalam hal ini ke iOS app. Karena saya orangnya ga mau ribet. Maka saya putuskan untuk membuat aplikasi dengan bahasa pemograman yang multi platform. Multi platform yang saya maksud adalah ketika saya mengerjakan dengan satu bahasa pemograman maka dapat di generate ke 2 platform yaitu android dan iOS.

Setelah saya melakukan riset dengan mencoba beberapa bahasa pemograman dan tentu saja saya mencari referensi dari internet. Saya tertarik dengan React Native dan Flutter. Dua jenis tersebut memang bukan bahasa pemograman tapi semakan tools development. keduanya memiliki kelebihan dan kekungan tetapi saya putuskan untuk memilih flutter.

Kenapa harus flutter??

  1. Flutter itu futureprof

Saya katakan futureprof artinya flutter ini dapat bertahan dan mampu berkembang ke depanya dengan lebih baik. Selama ini saya menggunakan flutter memang sudah ada beberapa update yang mengarah pada perbaikan dan peningkatan fitur dari flutter. Selain itu flutter merupakan tools yang dikembangkan oleh Google. Perusahaan besar yang tentu saja tidak diragukan lagi keberadaanya.

2. Mendukung banyak fitur pendukung dari Google

Google banyak mendukung para developer untuk membuat aplikasi yang bermutu. Fitur yang sangat membantu adalah Firebase, Maps, Admob dll, dan ini semua tersedia dengan mudah di flutter. Sebagai Mobile Developer saya tidak lepas dari fitur yang diberikan oleh Google, dan yang saya yakini ketika saya menggunakan produk dari Google maka tentu saja saya mendapat dukungan dari Produk Google lainnya.

3. Kebutuhan Proses CPU rendah dan cepat

Untuk mengetahui ini saya ambil riset langsung dari inVerita dari situs www.medium.com dengan link Flutter vs Native vs React-Native: Examining performance . dengan hasil sebagai berikut

Hasil Tes kecepatan Pada iOS
Hasil Tes Kecepatan pada Android

Bahkan secara lengkap saya juga melihat hasil dari riset yang ditulis oleh inVerita dari situs www.medium.com dengan link Flutter vs React Native vs Native: Deep Performance Comparison . dengan hasil sebagai berikut

Hasil tes Loading and caching images pada Android
Hasil tes Loading and caching images pada iOS
Hasil Tes animations test with rotations, scaling and fade pada Android
Hasil Tes animations test with rotations, scaling and fade pada iOS

Dari beberapa data di atas memang Flutter lebih unggul daripada React Native dan bahkan dari beberapa sisi ada kalanya Flutter lebih unggul daripada native. Tidak dipungkiri bahwa pada test Heavy Animation (hasilnya belum saya tampilkan) React Native unggul daripada Flutter. Tetapi secara umum menurut saya Flutter dari segi Performance lebih unggul.

4. UI dan UX yang atrative dan modern

Flutter telah mendukung library-library yang membuat tampilan menjadi lebih baik. Seperti halnya animations, transform, icon, desain, dan masih banyak lainnya. Sehingga tampilan tidak kaku dan lebih fleksibel.

5. Mendukung Android Studio dan Hot Reload

Flutter telah tersedia di Android Studio dengan FLutter plugin. Mungkin hal ini saya rasakan karena saya terbiasa dengan android studio. Ketika saya menggunakan Java untuk membuat aplikasi android saya perlu melakukan generate apk yang membutuhkan waktu yang lumayan (tergantung dari spesifikasi komputer yang digunakan). Sedangkan dengan flutter saya bisa menggunakan fitur hot reload yang memudahkan uji coba apabila ada perubahan code, dan dengan hanya membutuhkan waktu sekitar 2 detik saja.

6. Tersedia dukungan

Saat ini saya yg berdomisili di Indonesia dapat dengan mudah mendapatkan pembelajaran tentang flutter melalui youtube dan bantuan dari stackoverflow apabila ada kendala. Saat ini saya sering belajar dari video di youtube dari idr corner dengan link IDR CORNER YOUTUBE , bahkan di Chanel youtube tersebut tersedia juga untuk developer web. Selain itu saya juga belajar dari chanel youtube Marcus Ng dengan link MARCUS NG YOUTUBE .

Dari ulasan saya di atas maka saya simpulkan bahwa Flutter merupakan tools yang tepat untuk Developer Mobile App dengan dukungan dan kualitas yang baik dari Flutter. Walaupun berumur masih muda tetapi melihat perkembanganya flutter sangat berpeluang untuk menjadi tools terbaik. Bahkan telah tersedia Web App dari flutter walaupun penggunaanya masih terbatas dan perlu peningkatan lagi.